21 Juli 2011

Google+, layanan social network baru dari Google


Klik untuk memperbesar
Jika Anda membuka www.plus.google.com hari ini (21/07/2011) lewat akun google anda mungkin anda akan menemukan tampilan seperti di atas. Saat ini layanan Google+ ini masih proses trial, tapi Google menyarankan anda mencantumkan email anda di sana jika anda igin mencobanya.

Tapi jika anda sudah diajak (invite) oleh orang yang sudah mendaftar anda bisa mengakses dan mencobanya. Juga mengajak orang lain untuk mencobanya.
Ini tampilan milik teman saya setelah saya invite dia untuk bergabung. Di sini anda akan diminta keterangan dasar anda.

Kebetulan saya sudah diajak teman saya, ini tampilannya :
mirip Facebook
Terus apa saja sih isinya?
Karena saya juga baru hari ini mengaksesnya, mari kita pelajari apa saja fitur-fitur yang menarik di sana.
1. Circles
Google+ Circles membantu anda mengatur "teman-teman" anda sesuai keadaan kehidupan anda sehari-hari, misal, 'family,' 'work friends,' 'music buddies,' dan 'alumni' (anda bisa me-rename-nya sesuka anda). Kemudian anda dapat membagi hal-hal yang relevan dengan orang yang tepat, juga "follow" postingan orang-orang sesuai keinginan anda. Misal anda memposting foto kegiatan keluarga pada circle family, maka foto tersebut hanya akan mucul pada circle keluarga anda. Anda bisa mengikuti postingan orang-orang sesuai kategorinya.

Bagaimana anda memsaukkan teman-teman anda ke circle yang tepat? anda hanya perlu meng'klik dan men-drag-nya ke circle yang tepat.
Circle ada di toolbar atas, bersama home, photos dan profile

2. Stream
 Ini seperti News Feed pada facebook,
Di Stream ini anda bisa memilih info kategori apa yang anda ingin ketahui, tentunya setelah anda mengeset Circle di atas. Postingan anda di satu circle tidak bisa dibaca orang-orang yang tidak anda kategorikan pada circle tersebut.

3. Sparks
Sparks berfungsi sebagai mesin pencari pribadi anda dan dapat dengan mudah anda bagikan (share) pada circle yang sesuai. Beberapa hal yang menurut anda menarik dapat anda simpan jika kemudian anda ingin membukanya dikemudian hari.

Untuk sementara ini saja, saya juga masih belajar.

Yang saya tahu, dengan Google+ ini Google mencoba menyatukan semua layanan dalam satu akun pengguna, baik itu akun blogspot, youtube, picasa, Googletalk dan lain-lain. Jadi anda bisa tetap berbicara dengan teman-teman Gtalk anda di satu halaman web di Google+ anda.
Saya bisa melihat foto-foto blog dalam satu folder saya lewat akun Google+ saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar