14 Juli 2011

Alot, salah kaprah bener ora lumrah

Alot (dengan spell English, bukan keras dalam bahasa Jawa) merupakan "hewan" baru yang diciptakan dengan tujuan memperbaiki grammar orang-orang penutur bahasa Inggris. Seiring dengan perkembangan jaman yang serba cepat, banyak penutur bahasa Inggris--maksudnya orang-orang yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari--yang menyingkat kata-kata, termasuk juga menghilangkan tanda baca apostrof (') atau satu tanda petik pada kata-kata yang mengharuskan ada tanda baca tersebut.

Hal ini juga terjadi pada Bahasa Indonesia, berawal dari pengguna telepon selular yang menyingkat percakapan mereka (karena keterbatasan karakter) lewat pesan singkat yang dikirim lewat SMS, singkatan-singkatan itu menjadi lazim dan "disepakati" memiliki arti. Terlebih gaya pengiriman SMS anak-anak muda jaman sekarang, dengan begitu banyak singkatan, variasi huruf besar-kecil, penggunaan simbol-simbol, makin membingungkan orang yang tidak tahu dan tidak pernah bergaul dengan mereka.

Kembali ke "Alot", Alot diciptakan (sejauh penelusuran saya berdasarkan tanggal postingan artikel) oleh sebuah penulis blog. Dia membuat sebuah kreasi supaya saat orang menuliskan "alot" dari pada "a lot" (banyak, dalam Bahasa Indonesia) orang akan membayangkan ciptaannya ini :



 Penuturan penciptanya :
The Alot is an imaginary creature that I made up to help me deal with my compulsive need to correct other people's grammar.  It kind of looks like a cross between a bear, a yak and a pug, and it has provided hours of entertainment for me in a situation where I'd normally be left feeling angry and disillusioned with the world. 
contohnya saat orang menuliskan "I care about this alot," ini yang dapat kita bayangkan:

Demikian juga saat orang bermaksud menjelaskan jumlah barang "alot of........."



Contoh lainnya, saat orang berkata "he is alot better at swimming than Michael Phelps,"

Kehidupan sehari-hari Alot


Chickens Eat Alot

Alot of cupcakes difoto oleh James Michael Heywood.

Alot of pink
Bahkan ada yang sudah membuat Alot menjadi sebuah boneka

Alix was requested to make an alot by a friend, and came through with this awesome plush toy. See more pictures at her site Arixystix.

In October, DeviantART member loveandasandwich showed us her version of the alot, made by hand with lots of fur.


Juga membuat sebuah foto hasil Sotosop
People began to spot the creature in the wild. This photo was submitted to Hyperbole and a Half’s Facebook page by Giovanna Alexis Urbina Anderson.
sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar