02 Agustus 2011

Jenis-jenis Alat Berat (Construction Equipment)

Alat berat dirancang khusus untuk melaksanakan tugas-tugas konstruksi,  dan yang paling sering melibatkan operasi pekerjaan yang berhubungan dengan tanah. Mereka juga dikenal sebagai, peralatan konstruksi, konstruksi pabrikkendaraan teknik, atau peralatan sederhana. Penggunaan alat berat memiliki sejarah panjang, insinyur Romawi kuno Vitruvius (abad ke-1 SM) memberikan deskripsi rinci alat-alat berat dan crane di Roma kuno dalam bukunya De architectura.

Jenis-jenis Alat Berat

terdiri dari berbagai macam alat pengangkat, baik orang maupun barang

2. Excavator
Biasanya untuk pengeruk tanah.
3. Traktor
Atau biasa disebut traktor saja, bisa digandengkan dengan berbagai macam peralatan pertanian, seperti pembajak tanah, penanam benih, hingga alat pemanen.


4. Dump Truck
Truk jenis ini bisa mengangkat bak belakangnya untuk mengeluarkan muatannya, biasanya berupa barang curah.

5. Mesin perata aspal
Alat ini biasanya membutuhkan dump truck untuk menuangkan aspal ke dalamnya agar bisa diratakan ke jalan yang akan diaspal

6. Backhoe
Sering diucapkan sebagai bekhu di Indonesia, bisa diartikan sebagai lengan pada alat excavator

7. Ballast Tamper
merupakan alat untuk memperbaiki ballast (bantalan batu) pada rel kereta api

8. Bulldozer
Digunakan untuk meratakan sebidang tanah

9. Pengeruk Aspal
Jika di atas ada pengaspal jalan, ada juga alat pengelupas aspal dari jalanan, biasanya ada dump truk di depan alat ini untuk menuang aspal yang dikeruk.

10. Mixer Truck
Merupakan truk yang dapat mengaduk semen dan campurannya menjadi beton konsentrat, proses penggilingan semen terjadi saat dalam perjalanan, dan harus segera sampai di tempat pembangunan sebelum semen mengeras.


11. Crane
Alat ini berfungsi sebagai pengangkat barang. Cran sangat berguna, karena itu dia ada di mana-mana, di pabrik, di rel kereta api (berupa railroad crane), di kapal barang, di pelabuhan. Pembangunan gedung bertingkat pasti ada alat ini untuk memindahkan peralatan dan material ke atas gedung yang sedang dibangun.

Digunakan untuk memancangkan tiang pondasi ke dalam tanah, bisa juga untuk mengebor sumur.

Digunakan untuk mengangkat dan memindahkan material.

Alat ini digunakan pada penebangan hutan, berfungsi sebagai pemotong dan dapat "memegang" pohon yang telah dipotong.

sumber

8 komentar:

  1. info alat Berat :http://www.cvungguljaya.co.cc/

    BalasHapus
  2. Really like your blog content the way you put up the things…I’ve read the topic with great interest and definitely will stick your blog routinely for other great posts.

    [url=http://www.alatberat.web.id]alat berat[/url] - [url=http://www.alatberat.web.id]sewa alat berat[/url] - [url=http://www.alatberat.web.id]jual alat berat[/url] - [url=http://www.alatberat.web.id]rental alat berat[/url] - [url=http://www.alatberat.web.id]beli alat berat[/url]

    BalasHapus