24 Oktober 2008

Fenomena Bisnis Online

Berbagai tawaran bisnis online bersliweran di internet. Dia menempel di blog-blog, di situs-situs komunitas, juga signature-signature email. Dari berbagai macam bisnis online yang saya baca di situs mereka, kebanyakan menjual berbagai macam e-book untuk membangun bisnis online.

Saya belum ikut satu pun dari mereka, bingung dengan berbagai macam tawaran dan ketiadaan dana untuk transfer awal menjadi salah satu penyebabnya. Terus terang saya tertarik, tapi saya harus mencurahkan sebagian besar waktu nge-net saya untuk menjalaninya. Padahal tujuan saya nge-net salah satunya untuk bersantai, surfing di dunia maya, melihat sisi lain dunia, bertemu keluarga nun jauh di mata via webcam, juga bersilaturahim dengan teman-teman masa SMA dulu.

Saya telah mecoba berbagai macam bisnis online, mereka memang mengharuskan kita mencurahkan sebagian besar waktu kita di depan layar monitor. Membangun jaringan, klik blog sana, klik blog sini, kasih komentar di sana, beri saran di sini.

Saya juga matian-matian mengedit blog saya ini sesuai dengan apa yang saya inginkan, sesuai dengan referensi blog-blog eyecatching yang pernah saya masuki. Tetapi ternyata blog saya masih gini-gini aja. masih standar banget. Satu masalah yang belum saya tuntaskan adalah bagaimana memudahkan anda sekalian para pembaca mudah mengomentari tulisan saya ini, sebab blog saya ini masih harus meng-klik beberapa kali sebelum bisa mengisi komentar. Hal ini pasti sangat menggangu dan merepotkan bagi pembaca 'sambil lalu' yang ingin memberi komentar. Saya masih mancari cara untuk menampilkan form untuk mengisi komentar di bawah setiap tulisan yang saya posting, yang tidak mengharuskan pembaca mengklik beberapa kali untuk berkomentar. Ada yang bisa kasih saran?

Bagi mereka yang menekuni blog sebagai ladang meraup dollar dan rupiah di dunia maya, saya ucapkan selamat berjuang, semuga saya juga bisa mengikuti keahlian anda-anda semua dalam merancang blog, bahkan situs anda sendiri, bagaimana membangun jaringan pembaca yang setia, bagaimana menarik pemasang iklan di blog, dan berbagai macam keahlian lain yang saya rasa masih banyak sekai yang harus saya kuasai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar