10 Oktober 2012

WD 40, do and don't



Menganggap WD 40 untuk pelumas rantai sepeda, merupakan persepsi yang salah. Banyak penguna sepeda mengangap WD 40 bisa digunakan untuk rantai. 2 tahun lalu saya pernah bertanya, minyak rantai sepeda apa yang baik. Ada yang menjawab WD 40, beruntung saya tidak mengikuti saran itu. Kemarin seorang rekan kembali pertanyaan seperti itu, dan dijawab oleh temannya - WD 40. 

Apakah anda tahu manfaat WD 40. Cairan WD 40 adalah cairan pencegah karat. Guna WD40 untuk membersihkan kotoran dan korosi yang terjadi pada bahan logam. Bahkan saat ini sudah banyak bermunculan produk pelumas sejenis seperti WD40. Berikut penjelasan asal mula minyak WD 40 dan manfaatnya.

Bahan WD 40 dikembangkan untuk pemakaian militer, berfungsi untuk mencegah karat dibagian selongsong peluncur roket, pelindung misil atau rudal. Saat ini bahan WD 40 dimanfaatkan untuk pembersih di rumah, mencegah karat dan membersihkan bahan metal seperti engsel , tool atau perkakas dan sebagainya. Pengunaan cairan WD40 memang bagus, bila bahan metal seperti engsel disemprotkan cairan WD 40. Dalam beberapa menit akan menghilangkan bunyi, seret pada engsel pintu atau lemari. Melihat fungsi cairan tersebut seakan WD40 adalah cairan jenis pelumas untuk bahan metal. Sayang persepsi tersebut salah. WD40 adalah cairan untuk membersihkan, bukan cairan minyak pelumas. Dari sisi rantai sepeda, komponen ini bekerja dengan tekanan berat, perpindahan rantai yang bergerak cepat. Disini perbedaan fungsi pelumas WD 40. 

WD 40 juga bukan untuk pelumas bagian rantai, bahkan bukan untuk bagian drivetrain sepeda. Tugas WD 40 hanya digunakan untuk membersihkan kotoran. Dampaknya dari pemakaian pelumas WD 40 pada komponen sepeda, berdampak membuat kering permukaan logam. Mengunakan WD 40 akan lebih buruk dibandingkan pemakaian komponen sepeda tanpa diberikan pelumas sama sekali. Bukan hanya rantai, tetapi semua komponen drivetrain sepeda dianjurkan tidak memakai WD40 sebagai pelumas atau minyak sepeda. WD40 bisa digunakan untuk cairan pembersih seperti rantai, jockey atau komponen yang berputar dan perlu dibersihan. Setelah kotoran terlepas oleh WD40 dan cairan WD40 kembali dibersihkan. Komponen sepeda dapat diberikan minyak pelumas seperti jenis teflon.

Jangan mengambil jalan pintas untuk mengunakan WD 40 dengan alasan murah dan mudah didapat. Hindari pemakaian WD 40 untuk sepeda anda. Gunakan pelumas khusus untuk rantai anda, apakah untuk medan kering atau basah. Pemakaian WD 40 akan membuat komponen sepeda terlihat bersih kembali. Tetapi permukaan yang perlu di lindungi oleh minyak malah mengering dan menghilang

jadi, apa saja yang boleh dan yang tidak boleh disemprot WD 40?

yang boleh disemprot WD40 :

  1. Bahan besi seperti peralatan kunci, cangkul dan lainnya. Atau peralatan yang berhubungan untuk mengali tanah.
  2. Lantai, genteng, untuk menghapus noda atau kotoran. Dilanjutkan dengan membersihkan dengan sabun.
  3. Perangkat stainless stell.
  4. Membersihkan permen karet, misalnya menempel dikarpet.
  5. Untuk sabuk kulit yang biasanya menjadi kaku karena umur pemakaian.
  6. Melonggarkan plastik lego, kalau sulit dilepas.
  7. Melonggarkan pot yang menempel dan nyangkut, sehingga sulit dilepaskan.
  8. Menghapus cat logo (bila cat biasa), bekas lem label harga, lakban dan bekas lem stiker.
yang tidak boleh disemprot WD40?

  1. Rantai motor atau sepeda. Bila ingin mengunakan WD40, bisa mengunakan sebagai pembersih awal. Lalu dicuci dan diberikan pelumas. WD40 bukan saja menghilangkan kotoran, tetapi minyak pelumas juga ikut terangkat.
  2. Pintu engsel. Awalnya menghilangkan bunyi, tetapi bisa merusak pelapis engsel.
  3. Mainan Pinball. Hati hati dengan WD40 dapat merusak bagian pelindung alat Pinball.
  4. Tombol peralatan elektronik. Misalnya iPad atau iPod yang kotor dibagian tombol Home. Bila disemportkan, awalnya membuat bersih, tetapi menyebabkan plastik cover rontok, dan bagian dalam plastik terkena cairan WD40.

sumber : 




3 komentar:

  1. gan ada manfaat lain dari wd40..sewaktu rumah saya di landa bencana kutu loncat..kami semprotkan obat serangga berbagai macam merk dari B***g*n H**t dll.tapi makin beringas si kutu sama komplotanya..saya sekelurga makin panik..pakai kapur barus yg di tubuk terus di tebar,,ga mampus juga tuh kutu loncat..terus kami teringat sama si WD40 yg tadi di pakai buat bongkar mobil..kita semprotkan di di kerajaan si kutu...sampai sampai kecoa,menemui ajalnya...kucing kampung yg beranak ikut kabur,,,,sekian yach gan maaf kalau agak melenceng

    BalasHapus
  2. Kalau sekarang wd 40 sebagai pelumas rantai bisa, tapi wd 40 yang chainlube alias kaleng item. Kalau wd 40 kaleng biru cuma bisa buat bersihin.

    BalasHapus