17 Maret 2011

Output Power USB port

Dulu saya sempat bertanya-tanya, berapa sih output power USB Port?

Ini menyangkut keamanan Gadget yang saya miliki, karena di buku petunjuknya, memang diperbolehkan meng-charge telepon genggam pada komputer dengan menggunakan USB port.

Ternyata output powernya adalah sebesar 5 volt dengan arus 0,5A atau 500mA, tentu saja dengan selisih lebih banyak maupun lebih sedikit yang tidak terlalu banyak. Maksudnya tidak persis 500mA tapi bisa +50mA lebih besar atau -50mA lebih kecil.

Itulah mengapa waktu yang dibutuhkan untuk meng-charge baterai telepon genggam saya jauh lebih lama daripada dengan power listrik PLN, karena output alat charge bawaan Sony Ericsson X10 Mini Pro output powernya sama-sama 5 volt tapi dengan arus 800mA.

Kabel USB memiliki 4 kabel kecil di dalamnya.
Kabel Merah, Putih, Hijau dan Hitam.
Sumber arus positif (+) pada kabel USB ada pada kabel merah. Kabel hitam sebagai kabel negatif (-). Sedang kabel Putih dan Hijau, adalah untuk keperluan transfer data.

Jadi jika anda ingin bereksperimen menciptakan alat dengan menggunakan power dari komputer via kabel USB cek tegangan yang dibutuhkan alat anda dan gunakan kabel merah dan hitam pada kabel USB sebagai sumber power.

Semoga berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar