02 Maret 2011

"Menempel" foto lebih mudah dengan Google Latitude

Jika anda suka berjalan-jalan ke penjuru dunia di dunia maya, maka anda tidak akan merasa asing dengan Google, dengan segala fasilitasnya. Lewat maps.google.com anda sperti melihat langsung dari sebuah balon udara yang dengan sesuka hati bisa anda arahkan ke mana pun ke seluruh penjuru dunia. Atau dengan Google Earth anda bisa menginstall seluruh dunia dalam PC anda. Perbedaan keduanya adalah, Google Earth tidak harus melulu tersambung koneksi internet, sedangkan maps.google.com, anda harus membukanya lewat jendela browser anda. Google Earth hanya akan menampilkan cookies, atau tempat-tempat yang pernah anda buka sebelumnya, saat anda membukanya tanpa koneksi internet.

Di dalam kedua layanan Google ini, ada bebagai macam fasilitas yang dapat anda nikmati. Mulai dari Streetview, yang dapat menempatkan diri anda seolah-olah anda sedang berada di tepi jalan sesungguhnya, dengan pemandangan yang dapat diputar 360°,juga dengan foto-foto yang telah ditandai pada peta yang telah di sediakan oleh Google.

Penandaan foto ini disediakan oleh pihak ketiga di bawah layanan Google yaitu Panoramio.com. Dengan panoramio kita bisa menandai lokasi, tempat di mana kita mengambil foto dan menampilkannya di Google Earth. Untuk login pada situs ini dapat menggunakan ID dan password Google anda. Jika anda belum memilikinya, anda bisa mendaftar gratis

Seiring dengan kemajuan teknologi makin berkembang pula kemudahan-kemudahan dalam penandaan foto di Google Earth.

Anda tinggal menginstall Google Latitude di gadget anda. Saya tidak terlalu paham apakah kamera biasa ataupun kamera profesional bisa memiliki fasilitas ini apa tidak. Saya memanfaatkan Sony Ericsson X10 mini pro saya. Kebetulan fasilitas Google Latitude sudah terinstall saat saya membelinya. Jika belum tersedia aplikasi tersebut, anda bisa mengunduhnya di sini, atau jika telepon genggam anda berbasis Android, anda bisa mencarinya di Android Market. Untuk Iphone anda bisa mencari aplikasi ini di AppStore. Untuk gadget lainnya, baik itu Blackberry, HP dengan basis Windows Mobile atau pun OS lainnya anda bisa mengakses google.com/latitude pada browser anda untuk menginstall dan mendapat petunjuk lebih lanjut di sana.

Google Latitude memungkinkan Anda untuk berbagi lokasi Anda dengan teman dan melihat lokasi mereka di peta. Bila diaktifkan, Google Latitude History memungkinkan Anda untuk menyimpan lokasi Anda sebelumnya dan ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan foto Anda dengan lokasi yang disimpan dalam history Google Latitude.

Dengan menggabungkan Panoramio dan Google Latitude foto Anda mendapatkan geo-tag secara otomatis sebagai cap waktu foto yang cocok dengan catatan lokasi Anda dalam Google Latitude History. Untuk menggunakan fitur ini Anda harus mengaktifkannya di halaman Settings Anda di Panoramio. Dengan izin Anda, Panoramio akan mengakses Google Latitude History untuk mengetahui lokasi Anda pada saat foto diambil, jadi pastikan waktu pada kamera Anda sudah benar dan cocok dengan nilai yang dimasukkan di halaman Settings Panoramio Anda.

Hal penting lainnya dalam pengaturan ini adalah untuk tidak lupa mengaktifkan fasilitas info posisi yang ada pada setelan kamera telepon genggam/gadget anda.

Sebelum ada fasilitas ini, anda harus mengingat-ingat di mana anda saat pengambilan gambar/foto berlangsung, kemudian Anda mencarinya sendiri di Peta Google, baru kemudian secara manual menandai letaknya di peta tersebut. Jika pengambilan gambar berada di kota, biasanya tidak akan terjadi masalah, karena Anda dapat mengingat di mana anda saat itu dengan mengenali jalan, bangunan dan tempat-tempat menarik yang ada di sekitar anda. Namun akan jauh lebih sulit jika pengambilan gambar di pedesaan, apalagi Anda baru sekali-dua kali melewatinya.

Terima kasih kepada Google Latitude, sekarang saya hanya meng-upload saja, tanpa khawatir harus mencari-cari lokasinya kembali di Google Earth, foto saya akan secara langsung ditandai begitu saya selesai meng-uploadnya.

Tak lupa kunjungi foto-foto saya di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar