07 Maret 2011

Pulang Kampung dengan GPS Tracking (1)

Sudah satu bulan lebih saya tidak pulang kampung. Akhirnya dapat kesempatan juga pulang kampung menjumpai anak dan istri tercinta.

Iseng-iseng saya mencoba fasilitas aplikasi Android telepon genggam saya My Tracks. Sebuah aplikasi yang merekam jejak GPS dan menampilkan statistik seperti waktu, jarak, kecepatan dan elevasi (ketinggian dari permukaan air laut). Rekaman jejak GPS ini dapat di upload pada akun Google anda dan anda dapat membagi tautannya kepada teman-teman anda di Twitter, Facebook dan situs jejaring sosial lainnya.

Saya membaginya menjadi beberapa stage, dengan alasan agar mudah dibaca dan dinikmati perjalanan ini, juga karena saya harus merestart perekaman jejak GPS karena di titik tertentu bus yang saya tumpangi berhenti begitu lama sehingga saya mematikan GPS untuk menghemat daya baterai.

Stage 1

Perjalanan ini saya mulai saja dari pelataran parkir Bandara Soekarno Hatta (biasa disingkat Bandara Soetta) di Cengkareng. Kendaraan yang saya gunakan adalah Bus Damri jurusan Harapan Indah Bekasi via Pulogadung, dengan ongkos jauh dekat Rp.30.000,00.


Lihat Stage-1 di peta yang lebih besar

Bus yang saya tumpangi sempat memutar satu kali lagi untuk menaikkan penumpang. Sejauh saya lihat, bus jurusan ini penumpangnya tidak seramai bus jurusan yang lain, yang mana mereka hanya sekali putaran menjemput penumpang di terminal 1 dan 2 dan sesekali ke terminal 3, sedangkan bus jurusan Harapan Indah memerlukan dua kali putaran untuk memenuhi kursi-kursinya dengan penumpang.

Saya sengaja mengambil jurusan ini, karena saya harus menuju Terminal Bus Pulogadung, yang ketersedian armada bus-nya yang banyak, dibandingkan dengan armada bus di terminal lain. Tak menunggu lama bus yang asaya tumpangi berangkat, sialnya kursi yang sudah saya tempati digusur orang, karena saya harus nebeng meng-charge telepon genggam saya yang memang haus daya apalagi saya berniat menyalakan aplikasi GPS sepanjang perjalanan di kantor PO Dewi Sri yang bus-nya saya tumpangi malam itu. Dengan sangat terpaksa saya harus duduk di bangku cadangan di depan, menemani supir dan kernet bergadang sepanjang malam.

Ya sudahlah, akhirnya saya merekam perjalanan stage ke dua malam itu sambil mencoba menikmati perjalanan di "bangku" paling depan bus ini.

Stage 2

Hari sudah semakin malam saat bus menyusuri Jalan Raya Bekasi sehingga perjalanan cukup lancar di sini. Jika anda melewati jalan ini saat jam pulang kantor, dapat dipastikan anda akan menghabiskan banyak waktu di sini, di samping karena jalan ini merupakan akses jalan menuju kota-kota satelit yang bertebaran di Bekasi, juga karena adanya kawasan industri tempat hilir mudik truk-truk berukuran besar yang berjalan lambat ataupun harus memutar memasuki area pabrik.


Lihat Stage-2 di peta yang lebih besar

Bus memasuki Pintu Tol Cakung dan dengan cepat menyusuri Tol Lingkar Luar jakarta (jakarta Outer Ring Road - JORR) dan dengan segera pula memasuki Jalan Tol Jakarta Cikampek.

Total perjalanan stage-2 ini adalah sejauh 59.59 km sebelum bus harus berhenti di sebuah SPBU di Rest Area Tol Jakarta Cikampek di km 57.

Berikut data statistik Stage 2 yang berhasil direkam aplikasi My Tracks

Total Distance: 59,59 km (37,0 mi)
Total Time: 1:07:07
Moving Time: 1:02:15
Average Speed: 53,26 km/h (33,1 mi/h)
Average Moving Speed: 57,42 km/h (35,7 mi/h)
Max Speed: 92,70 km/h (57,6 mi/h)
Min Elevation: 21 m (70 ft)
Max Elevation: 67 m (220 ft)
Elevation Gain: 187 m (615 ft)
Max Grade: 6 %
Min Grade: -7 %




Tidak ada komentar:

Posting Komentar