29 April 2012

Ubahan-ubahan pada Jalibang

Motor dibuat dan dirancang secara presisi oleh pabrikan. Semua bagian sudah terintegrasi dengan bagian lainnya. Ukuran-ukuran sudah dihitung dengan cermat, mulai dari wheelbase (jarak antar sumbu roda), titik grafitasi, penentuan ukuran ban, posisi pengendara, dan lain-lain masih banyak lagi lah pokoke.

dapurpacu.com
Tapi menurut beberapa pengendara ukuran-ukuran tersebut masih perlu diubah. Misalnya banyak pengendara motor sejenis Jalibang besutan Kawasaki yang merubah ukuran bannya karena dinilai terlalu kecil, termasuk saya :D, mosok motor trail ban-nya imut-imut sih. Ban yang seukuran motor matic disematkan pada motor dua alam, jadi agak njomplang. Saya lihat di forum-forum pengguna motor ini kebanyakan mereka menggantinya dengan ukuran 17, naik tiga inchi dari ukuran standarnya. Body motor masih terlihat manis tidak terlihat kegedean ban.



Maka saya menebus ban depan dengan ukuran 300 dan belakang 350 keduanya ring 17. Lebar pelek ini supaya ban tapak lebar muat pada pelek dan tidak kekecilan. Ukuran bannya adalah 110/80/17 unutk ban depan dan 130/70/17 untuk belakang.

Swallow Samurai, masih kinyis-kinyis
Naik satu tingkat dari lebar bawaan motor saya yaitu 100 dan 120, jadi nggak perlu mengubah shockbreaker. Saya memilih ban ini karena tidak ada pilihan lain, seharusnya ukuran depan pun 110/70 bukannya 110/80 seperti yang saya beli, tapi ya itulah, karena tidak ada pilihan lain, minimal ban ini bukan impor buatan Deli tyre di Medan sono, so devisa negara tidak keluar hanya karena masalah ban, sok ahli ekonomi. :p. itupun saya membelinya di Tegal, bukan di Pangkal Pinang, mesti menunggu dua mingguan untuk sampai, lah wong ongkir-nya aja menguras dompet je, jadi ambil yang paling murah :D. 16 kg ditebus 140ribuan., klo paket cepat 450ribuan, eman-eman, masih ada yang harus dinafkahi di rumah.

ban belakang, ban belakang tampak grupis kena rantai

seharusnya 70%

Karena ban belakang sangat mepet dengan rantai saya mengganjal gear belakang dengan tiga buah ring.
Rantai dan gear sudah tidak orisinil plus 3 ring mengganjal
Untuk mengimbangi ban yang over tadi, saya juga mengubah rantai dan gear. Dimaksudkan agar kinerja mesin tidak berat.

Untuk gear depan saya ubah dari ukuran 14 menjadi 13 dan belakang saya ubah dari 41 ke 46, keduanya merek Triple S dan rantai ukuran 128 merek DID, semua set ini lebarnya 428. rantai DID ini lebih tipis dari rantai orisinalnya, hub-hub pada rantai orisinal lebih tebal.

Pebandingan gear ini asal ada aja, efeknya, saya belum bisa merasakan, ada juga perasaan nafas jadi lebih pendek. Mungkin perbandingan ini belum pas buat motor saya. Ada yang punya saran?


Ada beberapa part yang masih pengen dibeli, antara lain hand guard dan pelindung mesin,
juga side box yang aluminum, tapi tarik nafas dulu ah.....


Note: ubahan selanjutnya di link berikut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar