25 Mei 2012

Bagai Samurai tanpa Pedang

Itulah ibarat seorang rider/biker tanpa sepeda motor.

Saat membaca berita Kang JJ kehilangan motornya, BMW R1150GS Adventure, di Belanda, saya teringat duo rider pasangan suami istri dari Singapura yang juga kehilangan sepeda motornya, sebuah Honda Africa Twin, di Malaysia.

Kang JJ dan motornya


Keduanya hampir sama kejadiannya, kehilangan motor di detik-detik terakhir sebelum keberangkatannya berkeliling dunia.

Pasangan suami istri Singapura ini akhirnya nekat menyiapkan motor lainnya dengan varian yang sama.

it's just like u are training for a sword fight for two years. just 2 months before the fight u lost the sword, how would u feel?!?!?!
Padahal dia sudah menyiapkannya selama dua tahun untuk perjalanan keliling dunia-nya. Memodifikasi, mengetes dan berbagai perbaikan telah dilakukannya.



Sedangkan kang JJ, juga kehilangan motornya saat mengetes motornya kembali setelah menyelesaikan solo ridingnya di tahun 2006-2008. Motor tersebut dititipkan pada temannya di Belgia. Pengetesan ini dilakukan kang JJ yang punya nama asli Jeffrey Polnaja, untuk memastikan bahwa motor ini secara teknis siap menemani penjelajahan keliling kedua yang tak kalah menantang dari misi pertama Ride for Peace. 

Setiap kehilangan pasti akan sangat membekas dalam diri seseorang, apalagi kehilangan barang-barang yang sangat berkesan, mempunyai kilasan pengalaman bersama yang tak mungkin diulang, serta punya sejarah yang nilainya melampaui harga barang tersebut.


Tapi yang dapat kita ambil hikmah dari kedua peristiwa tersebut, keduanya tetap bertekad melanjutkan perjalanannya. Pasangan Singapura ini sudah menyelesaikan perjalanan keliling dunianya, dengan motor yang sama yang mereka namai Hope Two. Dimulai dari Singapura, Timur Tengah, Eropa, Lanjut ke Amerika Selatan, Amerika Utara, kemudian Australia, menyusuri Jawa dan Sumatera dan kembali ke Singapura.


Dan Kang Jeffrey tetap bakal melanjutkan perjalanannya dari Eropa ke membelah Rusia lanjut ke Amerika dengan jenis motor yang sama, dan berharap diperbolehkan menggunakan nomor polisi yang sama D 5010 JJ, yang artina dari Bandung mengadakan perjalanan solo (5010) dan JJ inisial namanya.


Selamat berjuang Kang JJ.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar