26 Mei 2012

Rute Tegal - Owabong

Libur panjang kemarin (17-20 Mei 2012) tidak kami sekeluarga sia-siakan. Dari dulu saya memang ingin ke Owabong, sebuah lokasi objek wisata air yang berada di pegunungan. Dengan air yang diambil langsung dari mata airnya, Owabong menjanjikan sensasi kesegaran yang lain dibanding kolam renang biasa.

Berangkat melalui Pemalang, pulang lewat Jatinegara. Perjalanan melewati Jatinegara sudah sedikit saya ulas di postingan sebelumnya. Lewat Pemalang, jalanan relatif sempit hanya cukup untuk dua mobil berpapasan. jalan cukup halus, dengan gelombang di sana-sini, tipikal jalanan di pegunungan, yang jarang ada perbaikan menyeluruh kecuali hanya tambal sana-sini saja.

Tanpa banyak bicara lagi berikut petanya, siapa tahu berguna bagi anda yang berangkat dari Tegal


Link petanya bisa di klik di sini.

Saya akui, saya melakukan kesalahan saat mengambil jalur. Ini disebabkan dalam benak saya kalau ke Owabong pasti ke Moga dulu, rupanya tanpa perlu ke Moga bisa langsung ke Belik. Dan jika di suruh mengulangi rute Randudongkal-Moga-Belik lagi, saya angkat tangan, nyerah, jalannya bener2 rusak parah. Walau tak separah Slawi Jatinegara, tapi karena jauhnya jalan, perjalanan menjadi sangat membosankan dan memabukkan dengan goncangan tanpa henti dalam kabin mobil saya.

Kenapa saya ke Moga dulu, dan kenapa titik awal di Randudongkal tidak menyambung dengan perjalanan saya dari Tegal, ini karena saya ke Jatinegara dulu menjemput anak pengasuh kami yang rencananya juga diajak ke Owabong. Seharusnya, dari Jatinegara sampai ke Randudongkal, belok ke kiri (ada petunjuk jalan ke arah Purwokerto), tapi saya belok ke kanan ke arah Moga, di sini kesalahan saya yang ditebus dengan perjalanan panjang yang melelahkan.

Rute Belik Bojongsari didominasi jalan yang sempit yang cukup untuk dua mobil berpapasan saja, dan melebar setelah memasuki Kota Bobotsari. Kondisi dari Kota Bobotsari menuju objek wisata Owabong juga lebih baik, lebih lebar dan ramai.

Akhirnya perjalanan berangkat yang melelahkan, membosankan dan memabukkan tadi tertebus karena janji Owabong menghadirkan kesegaran benar adanya.Kami sekeluarga benar-benar puas bermain air di sana. Termasuk si kecil Ayesha yang ikutan menceburkan diri walau sebentar.

Pulangnya, sekitar jam setengah empat sore, dengan kesegaran dan keceriaan kami pun pulang, seraya bertekad mengulanginya kembali lain waktu.



Link peta pulangnya bisa di klik di sini

Kali ini perjalanan melewati Belik-Randudongkal, tidak lagi lewat Moga.

Jiak anda mencari rute lewat Petunjuk Arah dari Google Maps, anda akan disuguhi rute melalui Jatinegara, mungkin ini lah jarak terdekat menurut Google yang dapat ditempuh. tapi ingat jalan Slawi - Jatinegara benar-benar tidak bersahabat bagi kendaraan anda.

Sedangkan jika melalui Pemalang, rutenya lebih jauh. menurut Google via Pemalang adalah 95 kilometer, sedangkan lewat Jatinegara 79 kilometer.

Demikian Rute Tegal ke Owabong. Selamat berlibur ke Owabong bagi anda yang berniat ke sana.


7 komentar:

  1. Sy pernah melewati jalur Purwokerto-Tegal via Jatinegara, jalan rusak parah terutama di daerah hutan jati dekat waduk Cacaban, kendaraan sedan yg waktu sy pakai menambah derita selama di perjalanan. Adakah alternatif jalan paling dekat jalur Purwokerto-Tegal diluar jalur via Bumiayu Brebes? Sebstulnya sy mau coba jalur Purwokerto-Tegak via Moga, Guci, Slawi, Tegal, tetapi krn kurang paham medan, maka sy ambil via Jatinegara, ternyata pilihan sy keliru. Syukur alhamdulillah sampai juga di Tegal walaupun terasa pegal-pegal.

    BalasHapus
  2. Yg saya tahu hanya jalan via Jatinegara dan Moga saja pak, klo via Jatinegara jalanan di sekitar tambang batu sudah di beton, yang di hutan jati memang masih rusak, beberapa titik ada yang longsor, via Moga sepertinya sama saja, karakter jalan pegunungan yang rusak di sana sini, kadang ada memang bagian yang halus, di beberapa bagian rusak parah, mungkin karena genangan air dan beban yang berat saat dilewati truk

    BalasHapus
  3. kondisi saat ini jalan Slawi-Jatinegara sudah mulus, jalan sudah dibeton

    BalasHapus
  4. Mohon informasi, apakah slawi-jatinegara-moga-bobotsari skrng jalannya sudah mulus semua? Mau mudik besok tgl 2 juli. Trims

    BalasHapus
  5. sudah bagus jalan slawi jatinegara pak.. beton smua

    BalasHapus
  6. sudah bagus jalan slawi jatinegara pak.. beton smua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih infonya mas ade.
      jadi mantep nih kalo mau ke sana via slawi-jatinegara.

      Kunjungi blog saya juga ya
      Info Hotel dan Destinasi Tempat Wisata | Portal Informasi Kinclongnya Indonesia

      Hapus