18 Maret 2011

Di manakah posisi Jembatan Baturusa II?

Saya belum tahu di mana persisnya. Kalau Jembatan Baturusa III saya pernah kesana dan sudah menuliskannya pada trip report yang sudah pernah saya post sebelumnya.
Saya heran juga sebelah mana lagi jembatan itu akan dibangun. Menurut berita, sisi Pangkal pinang sudah mulai proses memasang tiang pancang (14/3/2011). Menurut saya sebagai orang awam, belumkah cukup tiga jembatan sebelumnya?

Lihat Peta Lebih Besar

Memang, jika dilihat dari atas via satelit, karakter Sungai Baturusa yang berkelok-kelok memaksa harus demikian. Tapi dari jembatan terakhir, yaitu Baturusa III, sepertinya sudah cukup untuk menghubungkan kedua daerah yang terpisahkan sungai tersebut. Lantas sebelah mana lagi?



Jembatan Baturusa III
Lucunya lagi, kenapa Baturusa III dulu yang dibangun baru kemudian baru Baturusa II yang sampai tulisan ini dibuat baru proses tiang pancang di satu sisi jembatan.
Gambar dari Bangka Pos
Proyek ini dikerjakan oleh PT. PP (persero), sebuah BUMN yang bergerak dibidang konstruksi. Jembatan Baturusa II merupakan jembatan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia, memanfaatkan teknologi dari Eropa yang dikenal dengan teknologi Bascule atau sistem buka tutup yang bisa dilalui oleh kapal-kapal muatan besar dimana kedua penghubung jembatan dapat dinaikan keatas secara otomatis.
Sebelumnya, dalam hal pembangunan jembatan PT PP juga berpengalaman dalam pembangunan Jembatan Cablestayed pertama di Indonesia, yaitu Jembatan Balerang (Batam Tonton).
Jembatan Baturusa II memiliki total panjang 784,5 meter ; lebar 23,2 meter untuk empat lajur dengan bentang tengah (main span) merupakan struktur bascule dan struktur cable stay pada kedua sisinya. Jembatan ini nantinya akan menjadi landmark bagi propinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Jembatan sistem Bascule
Jembatan Baturusa II adalah proyek pertama kali dari PT Wijaya karya Beton, selaku pemasok beton pada proyek ini, dimana merupakan pembuktian produksi dan suplai produk Tiang Pancang diameter 1000 mm (1 meter), dan proyek tersebutlah menjadi proyek perdana tiang pancang diameter 1000 mm.
Kira-kira seperti ini nantinya Jembatan Baturusa II

2 komentar:

  1. jembatanya sudah jadi apa belum,cz saya salah satu org yg membuat jembatan itu dari PT.WAAGNER BIRO INDONESIA balaraja tangerang-banten

    BalasHapus