20 Mei 2011

Ride Through Penalty

Pembaca yang melihat gelaran MotoGP di Sirkuit Le Mans Peramcis pekan lalu (15/5/2011), pasti melihat suguhan balapan yang sangat menarik. Ada beberapa kejadian yang cukup seru di sana. Bermula dari Stoner yang kena hukuman 5000 Euro karena memukul rider lawan karena menilai lawannya terlalu lambat saat sesi qualifikasi, hingga jatuhnya Dani Pedrosa akibat overtaking Simoncelli di lap ke-11. Valentino Rossi berhasil podium untuk pertama kalinya di posisi ketiga pada musim balapan tahun ini, setelah tiga seri berikutnya berada di posisi berurutan 7-5-5.

Akibat insiden jatuhnya Pedrosa, Simoncelli mendapat hukuman ride through penalty. Apa sih maksudnya hukuman tersebut?

Pembalap yang diputuskan mendapat hukuman ini, wajib memasuki jalur pit-stop dan kemudian boleh meneruskan balapannya kembali. Selama di jalur pit-stop pembalap dilarang berhenti dan tidak boleh melebihi kecepatan 60 km/jam. Jika pembalap melebihi kecepatan tersebut. hukumannya diulang pada lap berikutnya, jika masih dilanggar juga, maka bendera hitam sebagai tanda diskualifikasi akan dikibarkan.

Pembalap yang kena hukuman, sebelumnya diberikan pemberitahuan kepada timnya. Kemudian papan kuning yang menunjukan nomor pembalap akan ditampilkan di garis finis, yang mengharuskan pembalap memasuki pit-stop pada lap berikutnya.

Hukuman ini juga dikenakan pada pembalap yang melaju (jump start) sebelum lampu merah pada saat start padam.

Jika penyelenggara balapan tidak bisa melakukan hukuman ini karena kasus tertentu, misal, kejadian berlangsung pada akhir-akhir balapan, maka pembalap yang terkena hukuman ini akan dikurangi 20 detik dari catatan waktu balapannya.

Demikian.
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar